Kamis, 27 Maret 2014

PANTAI NGUNGAP,WISATA ASRI BERAURA MISTIK





PANTAI NGUNGAP , adalah salah satu pantai yang berada di Kabupaten GUNUNG KIDUL ,JOGJAKARTA,tepatnya 1km barat pantai Sadeng.pantai yang masih alami, belum banyak yang mengunjungi.pantai ngungap tidak seperti layaknya pantai yang mempunyai garis pantai berupa pasir, namun hanya tebing tebing curam.di tebing ini juga merupakan tempat sarang burung wallet,penduduk sekitar biasanya mengambil sarang burung hanya dengan menggunakan tangga tali yang terbuat dari akar tumbuhan. di tempat ini terdapat bangunan sebuah Pendopo sebagai gardu pandang menikmati keindahan pantai ngungap, suara gemuruh ombak yang menghantam tebing dan burung burung menambah ke indahan pantai ini.begitu sejuk,asri,dan nyaman.
Selain untuk Gardu pandang ,pendopo ini juga berfungsi sebagai tempat Ritual slametan / syukuran masyarakat sekitar atas hasil laut yang melimpah. karena selain sarang burung wallet di pantai ini juga kaya akan hasil lautnya, lokasi yang sangat bagus untuk memancing.biasanya dalam acara syukuran ini masyarakat menumbalkan kepala sapi/kerbau yang akan dilarung ke pantai.
Disebelah Pendopo terdapat sebuat pohon dan batu yang di keramatkan, konon tempat ini adalah tempat untuk bertapa atau ritual bagi orang orang yang ingin mencari ilmu-ilmu kesaktian maupun bertemu dengan Nyi Roro Kidul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.