Kamis, 27 Maret 2014

RITUAL PULUNG LANGSE-DI MAKAM KI AGENG BALAK

RITUAL PULUNG LANGSE -DIMAKAM KI AGGENG BALAK,
Sukoharjo – Ribuan warga dari berbagai daerah memadati komplek Makam Ki Ageng Balak di Desa Mertan, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo, Minggu (9/12). Mereka ingin melihat dari dekat ritual Pulung Langse dan berharap mendapatkan seuntai kain maupun sesajen yang dipercaya akan membawa berkah.

Pulung Langse diartikan sebagai ritual penggantian kain selambu yang menutupi Makam Ki Ageng Balak setiap Bulan Sura. Puncak Ritual Pulung Langse tersebut adalah kirab kain selambu dilengkapi dengan gunungan yang berisi makanan dan buah-buahan mengelilingi Komplek Makam Ki Ageng Balak.

Ribuan Warga yang sudah menunggu sejak pagi, langsung menyerbu gunungan yang dikirab oleh cucuk lampah dan putri domas. Tidak sedikit warga yang berjatuhan akibat berdesak-desakan. Sejumlah warga meyakini mendapatkan sesobek kain selambu dari bekas penutup makam dan membawa pulang isi gunungan akan membawa keberuntungan.

Sutio, salah aatu peziarah asal Bantul (DIY) mengaku telah berziarah di Makam Ki Ageng Balak sejak 6 tahun lalu. Ia berangkat dari rumah sejak Subuh untuk mengikuti ritual Pulung Langse. Pihaknya mempercayai jika berhasil membawa untaian kain selambu tersebut dapat membawa berkah.

“Wong urip kuwi sing penting sehat. Saya paling seneng berziarah itu ya di Makam Mbah Balak ini. Saya sudah 6 tahun. Setiap Jumat saya meluangkan waktu untuk berziarah ke sini. Kain yang saya dapat ini akan saya simpan di rumah,” ujarnya sambil menunjukkan kain yang ia dapatkan dari ritual Pulung Langse.

Kepala Dinas POPK Sukoharjo Suratman mengatakan, ritual Pulung Langse diwarnai dengan campursari dan pagelaran wayang kulit. Pihaknya berharap acara tradisional Pulung Langse dapat terus dilestarikan sebagai warisan budaya. “Kita terus berupaya untuk melestarikan ritual ini. Karena pengunjung yang datang cukup banyak dan diharapkan dapat memberikan sumbangan PAD (Pendapatan Asli Daerah),” ungkapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.